Thursday, June 4, 2009

Kehamilan 24 MInggu


Ga kerasa kehamilan udah masuk minggu ke 24 nih, udah 6 bulan aja. Udah mulai muncul keluhan di bagian punggung dan pinggang, mulai mengatur dengan seksama posisi klo mau tidur, dan berasa gerah mlulu (apa karena emang akhir-akhir ini cuaca jakarta dan depok cenderung panas y) jadinya gampang banget keringatan, badan gampang letih dan sering berasa pusing.

Soal mamah memamah, sejak menginjak bulan kelima udah mulai enak, karena udah jarang mual dan ga pernah muntah-muntah lagi. Minum susu semakin rajin, biarpun ga selalu 2 gelas sehari, tapi setidaknya sehari sekali udah jadi wajib. Konsumsi vitamin masih trus jalan, sekarang dr ngasih aku vitamin penambah darah+kalsium ama DHA, terakhir priksa dikasih sirop anti-sembelit, karena ada keluhan susah bb, biarpun sekarang masih sering susah, tp tuh sirop masih utuh ditempatnya, belum dibuka sama sekali, soalnya mesti diminum 9 sendok sehari, my god..

Terakhir priksa sekitar 2 minggu lalu, waktu umur 21 minggu, alhamdulillah hasil priksanya menunjukan status sehat dan normal, berat dedek udah 480gr, kata dokter reza sih sedikit lebih dari normal tapi cenderung positif.

Bb-ku udah naik 5 kg dr awal hamil. Tapi sebagian orang komentar klo perutku masih terlihat kecil, ga keliatan hamil 5 bln, malah kayak br 3 bulan kata mbak maia (istri si bos). Sedikit aku rada khawatir juga sih, tp klo ingat kata dokter si dedek sehat dan normal, aku jadi tenang lagi. Hamil cantik kali, pikirku menyemangati diri sendiri.

2 minggu yang lalu setelah abis priksa aku udah coba ikutan kelas senam hamil di RS Mitra Keluarga Depok. Setauku senam hamil bisa dimulai di trimester kedua, karena semakin dini dilakukan akan semakin baik untuk mempersiapkan mental dan fisik bumil. Tapi pas ketemu ama bumil2 lain yang mau ikutan senam, jd bertanya-tanya sendiri, udah boleh apa belom, soalnya yang ikut rata-rata usia kehamilannya udah diatas 35 minggu. Tp, kt suster-nya sih harusnya usia 28 minggu tp klo bumil merasa fisiknya ok dan kehamilan termasuk tidak beresiko y ga masalah.

Kelas senam hamil perdana ini aku diajarin cara mengatur pernafasan dan sikap menjelang kelahiran. Agak terlalu dini sih, tapi ada banyak sisi positifnya ikut kelas hamil ini. Setidaknya banyak informasi yg bisa di dapat, soalnya selama durasi kurang lebih sejam senam, senamnya sendiri paling cuma 10 menit, selebihnya pada ngobrol seputar kehamilan, mulai dari ngebahas tentang merk susu, tempat latihan yoga, tambahan makanan untuk janin, sampai masalah posisi bercinta pasangan yg lagi hamil.

Sabtu kemaren, aku bolos dari kelas senam, soalnya ngerasa belum begitu perlu. Toh aku juga kadang latihan yoga di rumah, jalan-jalan santai keliling rt, dan sesekali berenang ama suami. Kurasa latihan fisikku tidak terlalu minim. Lagian salah satu motivasi ikut kelas senam di Mitra biar ntar dapat paket Pigeon klo ikut senam 6 kali plus melahirkan disana. Klo diitung2 umur kehamilanku yang baru segini, aku masih punya banyak kesempatan untuk ngepasin 6 kali presensi di kelas senam hihi..

Soal di dedek, dia udah mulai banyak gerak sejak bulan ke 4, tapi klo sebelumnya cuma bundanya yang bisa ngerasain gerakan lincah si dedek, sebulan terakhir ini si ayah udah kebagian girangnya, karena dah bisa ikut ngerasain ditendangin n disikutin ama dedek. Oiya, hasil pemeriksaan terakhir bilang klo si baby, insyallah, berjenis kelamis perempuan. Awalnya agak kecewa sih, karena pengennya anak laki, tapi setelah dipikir-pikir lagi, aku dan suami jadi seneng juga bakal dapat anak perempuan. Apalagi waktu liat dedek bayi di mall yang cantik dipake'in jilbab imut ama bundanya, kayaknya lucu. Apalgi klo inget pendahulunya dedek kebanyakan udah laki, jd ntar biar dedek cantik sendiri aja y. Tapi kata dokter ini baru perkiraan sementara, bisa jadi dipemeriksaan yg akan datang, yang keliatan malah monasnya. Tp setidaknya kita udah siap dengan kemungkinan apapun. Laki atau perempuan, siap diterima.

Kembali ke soal makan, gara-gara ngerasa udah enak buat makan dan si baby dalam kondisi yang sehat dan kehamilan juga normal, beberapa hari yang lalu, aku untuk pertama kalinya sejak hamil, makan durian, buah surga yang enaknya minta nambah. Suami sempat khawatir dan ngelarang waktu aku minta dibeliin, tp ternyata dia ga tega ngeliat wajah mupengku nan memelas, akhirya dibeliin juga, durian monthong isi dua biji gede. Suami cuma nyicip sedikit, selebihnya aku yang menghajar, wal hasil seluruh badan jadi panas ampe pagi (karna makanya malam). Sempat beberapa hari ngerasa panas dari dalam. Aku mulai ngerasa was was, karena sejak itu gerakan si dedek tak selincah biasanya. beberapa kali aku sengaja ajak si dedek ngobrol biar dia gerak, tapi susah juga kerasa. Tapi hari ini udah mulai normal lagi, dari pagi tadi si dedek dah mulai tendang-tendang bundanya lagi seperti biasa, alhamdulillah. Semoga dedek ga marah karena selera makan durian bunda y. Ga sering-sering kok, janji.

Beberapa blog bumil yang kubaca, beberapa udah mulai beli-beli perlengkapan baby, tapi aku belom sama sekali, bukannya pamalih y, klo belom sampe usia 7 bulan. Tapi selama kandungan sehat harusnya sih ga papa. Cuma ragu aja, klo-klo bulan depan kelamin si dedek berubah hihi... jadi aku harus tahan diri dulu nih sebelum belanja perlengkapan, harus mastiin dulu kelamin si dedek.




2 comments:

Shanty said...

hai..hai...bumil

kenalin namaku shanty, saat ini aku jg lg hamil 7minggu tapi mual n muntahnya itu minta ampun kadang di umum jg suka bgt,,tipsnya boleh bagi2 donk say!!

NaresWari said...

hai..hai mom to be

sori ni kelamaan baca komennya n respons-nya.

Masih mual muntah? wajar sih, kan masih hamil muda, badannya juga sdang beradabtasi. Tapi klo parah banget, harus ditelusuri juga sebabnya, soalnya bisa ngaruh juga ke perkembangan baby, krn biasanya kan jd sulit makan.

anyw, mom kerja atau drumah aja? klo kerja, kecapekan jg bs bkin mual muntah, tp klo drumah terus jg efeknya sama, (based my exprc). intinya sih harus seimbang, terus beraktivitas tp jgn sampai tll capek.

yg tpenting sih, biarpun muntah2 trus hrus tetap dipaksain makan, sedikit2 aja tp sering.

Klo msih doesn't work jg, minta saran dari dokter.

Ok deh, smg bmanfat y, tp ini saran bdasarkan pngalaman bukan riset y, jd bsa cocok g cocok ama orang lain.

Keep healthy y say smpe due datenya..